Thursday, July 12, 2012

Kata Benda


Belajar Bahasa Inggris Online - Elementary


Part 2 - Kata Benda


Dalam Bahasa Inggris setidaknya ada 6 jenis kata benda, yaitu :

1. Kata Benda Konkret ( Concrete Noun ) 
2. Kata Benda Abstrak ( Abstract Noun )
3. Kata Benda yang bisa dihitung ( Countable Noun )
4. Kata Benda yang tidak bisa dihitung ( Uncountable Noun )
5. Kata Benda Tunggal ( Singular Noun )
6. Kata Benda Jamak ( Plural Noun )

Kata Benda Konkret
Kata Benda Konkret atau Concrete Noun adalah kata benda yang bisa dilihat, diraba, dipegang dan dirasakan oleh panca indera kita. 
contoh : Teacher, Student, Class, People

Kata Benda Abstrak
Kata Benda Abstrak atau abstract noun adalah lawan dari kata benda konkret. Jadi Kata Benda Abstract bisa diartikan sebagai kata benda yang hanya bisa dibayangkan oleh kita.
contoh : kindness, ability, honesty, confidence

Kata Benda Yang Bisa Dihitung
Kata Benda Yang Bisa Dihitung atau Countable Noun adalah Kata Benda yang bisa dihitung dengan angka dan bisa diubah ke dalam bentuk jamak ( dengan menambahkan akhiran -s atau -es di akhir kata). Selain itu dapat pula dirangkai dengan kata sandang a, an dan the.
contoh : a Teacher ( seorang guru ), a student ( seorang murid ), an umbrella ( sebuah payung )

Sementara itu, Kata Benda Yang Tidak Bisa Dihitung harus ditambahkan huruf -s atau -es di akhir kata sebagai bentuk jamaknya. Kata Benda ini tidak bisa dirangkai dengan kata sandang a, an atau bilangan.
contoh : some water, some milk, the money

Akan tetapi, Kata Benda Yang Tidak Bisa Dihitung ini bisa diubah menjadi kata benda yang bisa dihitung dengan menambahkan quantifier ( kata penunjuk kuantitas ).
contoh : a glass of water, a loaf of bread, a piece of chalk

Untuk variasi akhiran -s atau -es silahkan cari variasi di setiap kata bendanya. Dengan begitu, anda akan bisa menemukan cara menambahkan akhiran -s atau -es pada setiap kata benda.



Untuk kata benda tunggal dan jamak, perbedaan yang paling mencolok adalah pada akhiran -s atau -es pada Kata Benda Konkret. 




0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.